Review Chapter 895 : Pirate Luffy vs Sweet Commander Katakuri

By : FansPage FB OPI .

Ah.. Ini adalah chapter ‘bukan’ One Piece banget. Satu chapter, satu scene, full fight. One Piece biasanya berisi padat, scene juga berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, kadang fight pun tidak sepadat ini. Makanya chapter ini tidak seperti One Piece biasanya. Oh iya, chapter seperti ini pernah terjadi di chapter 890 beberapa waktu lalu XD. Namun disana bukan fight Luffy vs Katakuri sih.

Well, bukan berarti aku kecewa dengan chapter ini. Aku sangat puas karena chapter ini seru. Terasa melihat fight Luffy vs Rob Lucci di arc Enies Lobby dan lagi bentuk Gear 4 Snakeman ternyata tak seperti ular. Malah ini adalah bentuk Gear 4 yang paling keren. Mungkin Oda sedang khilaf dan memilih memuaskan fansnya daripada mengetroll kita soal bentuk Snakeman ini XD. Haha.

Ok, kali ini mungkin review agak pendek. Tapi aku tetap menulisnya kok~

=== Cover Story : Hajrudin arc, chapter 01 ===

Dan prediksiku salah di review 894 lalu, kupikir Leo akan mendapat jatah 6 chapter seperti Ideo, namun ternyata tidak. Ternyata kita diperlihatkan arc Hajrudin XD.
Cover arc Hajrudin di awali kepergian dari pulau Karai Bari. Hajrudin bersama 4 raksasa berada di kapal yang bernama Naglfar itu. Naglfar sendiri pernah muncul di chapter 800. Selain itu, di depan markas Buggy’s Delivery ada sang Shichibukai, Buggy-sama sedang marah-marah karena 5 anak buah S-Class-nya telah mengundurkan diri.

Tentu Buggy sudah tahu alasan mereka mengundurkan diri. Buggy tentu kesal banget karena Hajrudin dan kelompoknya lebih memilih Luffy dibanding Buggy.
Entah langkah apa yang akan Buggy lakukan setelah ini. Mengejar Hajrudin? Membalas dendam ke Luffy soal ini? Entahlah. Aku berharap Oda membuat Buggy bereuni dengan Luffy, Zoro dan Nami nantinya, atau setidaknya Oda memberi peran lebih untuk Buggy di Yonko saga. Misalnya, Buggy-sama mempunyai Road Poneglyph terakhir begitu XD. Haha..

=== Snakeman? Apanya yang ular? ===

Snakeman? Apanya yang Snake? Bentuk badan Luffy tetap seperti monyet. Gak ada ularnya sama sekali. Tetap bentuk Gear 4. Snakeman mirip Boundman, namun lebih kurus dan rambut naik ke atas. Tapi kenapa di namakan Snakeman oleh Luffy? Jawabannya ada di bawah ini.

Gear 4 dasarnya ada di otot. Baik itu Boundman atau Tankman. Dua serangan bentuk itu dari otot Luffy yang diperkuat Buso Haki. Khusus untuk Tankman, Luffy menggunakan otot perutnya sebagai penyerangan dan pertahanan.
Snakeman pun begitu, dasarnya sama seperti Boundman. Namun setidaknya ada 3 perbedaan yang terlihat menurutku.
1. Kecepatan serangan Snakeman lebih cepat, namun kekuatannya lebih kuat Boundman. Kecepatan Snakeman, saat merenggang, Luffy mampu menambah kecepatannya.
2. Serangan normal Boundman berbeda dari Snakeman. Serangan normal Boundman adalah Kong Gun, sementara serangan normal Snakeman adalah Culverin. Luffy pernah menggunakannya saat melawan Mingo di chapter 784.
3. Bentuk tangan saat Snakeman tidak mengepal tinju. Melainkan membentuk seperti kepala ular dengan menekuk jarinya di atas telapak tangan. Aku yakin kalian juga mempraktekannya setelah membaca ini XD.

Selain itu, serangan normal Culverin ini lebih cepat dari serangan di chapter 784. Tapi persamaannya, Luffy juga berteriak, ‘chase him, Python!’. Lalu akhirnya tangan Luffy seperti meliuk-liuk seperti ular dan memukul lawannya. Itulah alasan nama Gear 4 kali ini adalah Snakeman.

=== Jet Culverin, Black Mamba, dan King Cobra vs Zangiri Mochi ===

Diantara jurus-jurus baru Luffy tersebut, hanya Jet Culverin yang bukan nama ular. Culverin adalah nama meriam abad pertengahan, sekitaran abad 16-17. Namun Culverin di adaptasi dari bahasa Prancis ‘couleuvrine’ yang diambil dari couleuvre yang dalam bahasa inggris artinya ‘grass snake’. Ah, berkaitan dengan ular juga ternyata XD.
Dan Jet Culverin ini adalah versi ‘sangat cepat’ dari Culverin yang Luffy keluarkan saat melawan Doflamingo.

Black Mamba adalah nama ular berbisa terbesar di afrika. Black Mamba juga terkenal sebagai salah satu ular tercepat di dunia dan dikalangan orang dewasa di Indonesia, Black Mamba adalah nama minyak pembesar ya, gaes~.
Black Mamba versi Luffy mirip serangan Kong Organ. Jika Kong Organ adalah Kong Gun versi Gatling, maka Black Mamba adalah Culverin versi Gatling.

Yah, info untuk kalian. King Cobra sama seperti Black Mamba, mereka sama-sama ular berbisa paling mematikan di dunia. Namun King Cobra berasal dari hutan india sampai asia tenggara sementara Black Mamba berasal dari afrika tengah-utara. Namun selain perbedaan habitat, sifat Black Mamba dan King Cobra berbeda. Black Mamba tak akan menyerang jika tidak merasa terancam. Bahkan jika dia melihat manusia, Black Mamba akan diam saja jika manusia tidak mengancamnya.
Sementara King Cobra, jika manusia mengancam atau tidak, dia akan menyerangnya. Mungkin itu karena King Cobra merasa dia ‘King’ XD, jadinya songong deh. Namun jika mereka bertarung, mungkin mereka sama-sama mati. Soalnya mereka sama-sama beracun.

Balik lagi ke One Piece, King Cobra serangan buah Gomu Gomu metodenya sama seperti Jet Culverin. Namun Luffy harus meniup jari tangan kanannya dulu agar tangan kirinya membesar dan kemudian menyerang dengan cepat bagaikan ular.
Dan bukan Luffy saja yang mengeluarkan jurus baru. Katakuri pun juga mengeluarkannya. Namanya Zangiri Mochi. Uniknya, Katakuri harus mengubah dirinya jadi donat mochi dulu. Ia berputar dengan cepat lalu ia membentuk sebuah tangan besar yang berduri untuk menyerang lawannya. Selain itu Zangiri Mochi juga lengket dan membuat Luffy tertangkap, kemudian dibanting oleh Katakuri dengan keras ke tanah. Serangan yang gila, ini mungkin salah satu serangan terkuat dari Mochi Mochi no Mi.

Di akhir chapter, serangan terkuat Snakeman dan Mochi-Mochi no Mi mengadu dan terjadi ledakan disana. Hasilnya pun belum jelas. Siapa ya yang akan menang??

.oOo.

Usai sudah review chapter 895 dariku. Ini adalah review kedua dariku setelah minggu kemarin aku juga menyajikan review chapter 894.
Cuma 3 bahasan, ya? Dikit ya XD. Soalnya seperti yang kubilang di intro, chapter ini cuma 1 scene dan full fight. Jadinya aku lebih memilih memberikan sedikit info nama-nama jurus yang dikeluarkan di chapter ini.

Terima kasih untuk Jaimini’s Box, Mangacan, OPwikia, Wikipedia sebagai sumber tulisanku dan kalian yang sudah membaca review-ku. Kritik, saran kalian untukku dan grup-fp OPI boleh kalian utarakan.
Jangan lupa like-share dan juga jangan lupa kalau minggu depan libur, ya XD Berarti ini adalah chapter terakhir di bulan Februari. Sampai jumpa dua minggu lagi, yaitu bulan maret!

Citayem, 17 Februari 2018.
Min – Kuri –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *